Haloooooooo....., kenalin gw Dina. yuppps ini Blog pertama gw (sebenernya bukan blog pertama sih, tp blog yang dulu lupa password dan ga jelas juga isinya hahaha...)
Di blog ini gw bakal ceritain tentang rencana married gw sama pasangan gw... mulai dari sangjit (acara seserahan adat chinese), karena walau muka gw Indonesia banget, seriusan gw masih ada keturunan chinese hahaha dan sampe gimana gue ngurusin buat acara wedding gw..
Gw sama pasangan gw (biasa gw panggil Koko) itu jadian 9 November 2014. sebenernya ga pernah kepikiran bisa jadian sama itu orang, karena posisi kita itu jauhan banget.. tapi yaudahlah ya, ga penting juga panjang lebar nyeritain proses jadian gw sama dia... Di tulisan gw yang pertama gw bakal lebih fokus ceritain gimana prosesi sangjit gw..
acara sangjit gw dibarengin sama acara tunangan, yaa supaya menekan budget jadi ga pake acara misah antara sangjit dan tunangan. Gw nyiapin buat sangjit sekitar 5 bulanan. Walau keliatannya lama, tapi serius ini bakal kerasa cepet banget karena gw ngerasain gimana pusingnya ngurusin acara sangjit plus lamaran dan tunangan.
Disini gw bakal nulisin prosesi sangjit gw mulai dari apa aja isi seserahan,, arti ini itunya.. dan semua nya seinget gw bakal gw tulis.. Siapa tau next time ada yang mau sangjit dan lamaran plus tunangan jadi saat baca Blog gw bisa sedikit (bangeeeeeet) membantu...
oke yang pertama saat kalian mau ada acara lamaran/sangjit/tunangan kalian harus pastiin dulu kalo kalian udah punya pasangan. Karena kalo kalian ga punya pasangan, terus mau lamaran sama siapa??hahhaahah.. Bcanda..
Oke yang pertama gw bakal jelasin Tata Cara sangjit Versi Mamah Gw, karena tata cara sangjit itu beda-beda, walaupun intinya sama, dan gw bakal ngejelasin seringkas mungkin...
- Acara sangjit itu biasanya diadain 1 sampe 3 bulan sebelum menikah, cuma karena Gw sama Koko pengennya ga ribet nantinya( maksudnya kalo deket ke acara wedding tar fokusnya kebagi dua, soalnya gw sama koko beda kota jadi susah ketemunya), jadi acara sangjit Gw dijauhin sama Acara Wedding gw.
- Nampan harus angka genap, 2,4,6,8 dan paling banyak rata-rata 12. 12 itu angka paling bagus buat banyak nampan yang kita bawa. dan angka 4 sama 6 ga disarankan karena angka 4 itu kalo ke bahasa cina katanya sih artinya mati dan 6 itu kalo dibagi 2 jadi ganjil dan ga bagus. terus kalo 2 juga ga disaranin, karena terlalu sedikit kata Mamah gw..hahhaaha. Buat acara seserahan gw, gw pake 8 nampan.
- untuk baju, yang cewek biasanya pake dress merah dan yang laki-laki pake kemeja merah. Tapi kl mau lebih afdol pake baju adat Chinese katanya.
- Pada saat Hari H, pihak Cewek udah nunggu depan pintu buat nyambut keluarga cowo yang udah bawa seserahan ( ini yang ditunggu-tunggu, seseerahannya,hahhaah) dan diterusin dengan ramah tamah dari keluarga cewe. dan juga keluarga cewe harus punya perwakilan buat jadi mak comblang( Mak comblang maksudnya yang jadi jubir keluarga).
- Ketika acara ramah tamah berlangsung, pihak cewe bisa bagi 2 isi nampan buat dibalikin lagi ke pihak cowok. kenapa harus dibagi 2??? karena kalo pihak cewek ambil semua berarti pihak cewek udah nyerahin mempelai cewek ke pihak cowok dan ga akan bisa ikut campur apapun lagi.
- selesai ramah tamah bisa dilanjutkan makan dan terakhir sebelum pulang, harus ada photo-photo dulu tentunya..
- oohh yaaa kalo ada kakak yang dilangkahin, harus beli pelangkah. boleh apa aja. sama gunting. kalo gunting gunanya nanti saat kita nikah, tuh gunting dipake buat ngegunting pita dikamar penganten.
Selanjutnya buat Isi seserahan bakal Gw jelasin, apa aja isi seserahan gw dan apa maksud dari isi seserahannya...
seserahan yang pertama isinya boneka sepasang, perhiasan yang isinya kalung sama cincin sepasang (kalo semisalnya ga pake tunangan, ga usah pake cincin juga ga apa-apa), terus sama ampao yang isinya uang susu (yang artinya uang buat ngebayar jasa Mamah kita yang udah besarin kita dan buat kita secantik sekarang) dan uang pesta. untuk uang susu bisa diambil semua, tapi untuk uang pesta, kalo kita ambil semua, berarti yang rayain pesta pihak cewe, kalo setengah berarti acara wedding dibagi dua, tapi kl ga diambil berarti kita serahin acara wedding ke pihak cowok.
2.
yang kedua isinya lilin sama wine. gw sih kurang paham apa maksud dari isi seserahan ini. cuma gw searching dari mbah google katanya lilin dan wine itu udah standarnya isi seserahan sangjit dan maksudnya adalah simbol perlindungan. lilin dan wine sepasang. 1 box lilin isinya 2 yah.. jadi total lilinnya 4. dan FYI, lilin ga boleh sampe rusak sampai kita udah nikah.
3.
nampan ketiga isinya kue tingting, kue koya, dan kue yang lainnya. untuk kue-kue gw beli di IG :tokosiesin. dan disana lengkap banget untuk kue dan keperluan sangjit. harga murah dan cici pemilik tokonya welcome banget sama cust.. recomended deh.. toko nya ada di jakarta, jadi kalo yang tinggal di jakarta bisa langsung datengin ke tempatnya. saya beli wine juga disana.
4.
ini isi nampan ke empat. jadi pas si cowok bawain kita seserahan yang isinya makeup, baju, sepatu dan keperluan cewek, kita tuker sama nampan yang isinya keperluan si cowok. bisa kita siapin dulu di nampan yang berbeda atau bisa juga kita tuker isinya pas hari H. jadi kita keluarin dulu isi nampan yang isinya keperluan kita terus kita tuker buat diisi keperluan si cowok. cuma saran saya supaya ga ribet mending kita bikin aja jadi ga usah bongkar pas hari H.
5.
nampan 5 isinya keperluan mandi. ini harusnya isinya masing-masing dua cuma gw ga ambil gambarnya pas masih lengkap. isinya anduk, sabun, shampoo, deodorant dll.
6 dan 7
isi buah-buahan masing-masing 12buah. nanti dibagi dua ke pihak cowok lagi.
7.
isi nampan terakhir yaitu tas dan masih tetap keperluan pihak cewek hahahaha... disini gw isi nampan gw sama tas, boneka, parfum, jam tangan, dan heels.. dan buat ngisi nampan yang kosong karena gw ambil barangnya, jadi nampannya diisi sama kue kuean. Oia saat kita ngebalikin nampan, jangan sampe nampannya kosong yaaa...
Okeeeeeeeee,,, genap 8 nampan...
mungkin banyak yang masih bingung sama isi blog gw karena masih berantakan banget.. but silakan kalo mau nanya gimana-gimananya...
Untuk tempat gw milih ngadain acara di Restoran di kota gw (karawang). di lebak sari indah, tapi sebenarnya lebih bagus kalo ngadain di rumah, cuma berhubung rumah gw di gang sempit banget jadi daripada berabe dan kasian juga sama nyokap kalo beres-beres abis acar jadi mending gw adain acara di restoran.
dan ini foto-foto pada saat Hari H. tanggal 23 Januari 2016.
catatan:
- venue : Lebak Sari Indah Restaurant
- Makeup : Siska Salon And Bridal
- Dress : Lupa, yang pasti gw beli di BTC bandung
- kue dll : @tokosiesin (instagram)
Mau tanya donk.. ada nomor siska salon kah? Kalo ada? Boleh aku minta? Makasih
BalasHapussis kalo adain dirmh pengantin cowo dan ortu cowo boleh ikut gk yah ?
BalasHapusTq
Halo sis, mau tanya dong brati kalau mau balikin nampan tapi isinya kita ambil dan dtukar dg isi yg laen gpp ya ? Thanks
BalasHapusDear brides and grooms to be
BalasHapusSalam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh
Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Grand Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.
BOOKING FEE ONLY RP. 5000.000
For more info and detail call :
Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
GIYANTI : 082261170022 (WA)
INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad
See u brides and grooms to be!
-HIS Wedding Venue Organizer-